Rabu, 16 April 2008

Ta'awun

Pengertian Sikap Taawun

Taawun artinya sikap tolong menolong, bantu-membantu, dan bahu-membahu antara satu dengan yang lain. Taawun juga dapat diartikan sebagai sikap kebersamaan dan rasa saling memiliki dan saling membutuhkan antara satu dengan yang lainnya, sehingga dapat mewujudkan suatu pergaulan yang harmonis dan rukun.

Dalil Naqli Sikap Taawun

Firman Allah SWT:

وتعاونوا علىالبروالتقوى ولاتعاونوا علىالاثم والعدوان

Artinya: " Dan tolong-menolonglah kamu dalam hal mengerjakan kebaikan dan takwa, dan janganlah kamu tolong-menolong dalam hal perbuatan dosa dan permusuhan." (QS. Al Maidah: 2)

Analisis Dalil

Ayat tersebut di atas, menegaskan bahwa sikap tolong-menolong harus ditanamkan dalam setiap sanubari muslim, agar dalam kehidupannya senantiasa terjadi kerukunan dan kedamaian. Sebab dengan sikap tolong-menolong tidak akan ada suatu beban yang dirasakan berat, apalagi perbuatan menolongnya itu dilakukan dengan ikhlas dan tanpa pamrih. Perhatikan sabda Rasulullah saw:

من نفس عن مؤمن كربة من كرب الدنيا نفس الله عنه كربة من كرب يوم القيامة (رواه البخرى)

Artinya: " Barang siapa membebaskan seorang mukmin dari satu kesusahan diantara kesusahan-kesusahan dunia, niscaya Allah membebaskannya satu kesusahan dari kesusahan-kesusahan di hari kiamat." (HR> Bukhari)

Hikmah Sikap Taawun

1. Dapat memiliki banyak teman dan saudara.

2. Dapat menjalin kebersamaan dan kekeluargaan.

3. Mendapat pahala dari Allah.

4. Tercipta kehidupan yang harmonis didalam masyarakat.

1 komentar:

AyiiAy mengatakan...

Makasiih sangat membantu