Rabu, 16 April 2008

Tasamuh

Pengertian Tasamuh

a. Secara bahasa, tasamuh artinya toleransi, tenggang rasa atau saling mengharagai.

b.Secara istilah, tasamuh artinya suatu sikap yang senantiasa saling menghargai antar sesama manusia.

Firman Allah SWT dalam QS. Al hujurat ayat 12 dan 13 memberikan penjelasan secara gambling bahwa sikap toleransi tidak memandang suku, bangsa, dan ras. Di hadapan Allah semuanya adalah sama, si kaya, si miskin, si hitam, si putih, yang membedakan mereka di hadapan Allah adalah prestasi takwa.

Toleransi ini terdiri dari 2 macam yaitu:

1. Toleransi terhadap sesama muslim.

2. Toleransi terhadap nonmuslim.

Toleransi terhadap sesame muslim adalah kewajiban yang harus dilakukan sebagai wujud persaudaraan yang diikat oleh tali akidah yang sama.

لايؤمن احدكم حتى يحب لاخيه ما يحب لنفسه

Artinya: "Tidaklah beriman seseorang diantara kamu hingga ia mencintai saudaranya sebagaimana ia mencintai saudaranya sendiri." (HR. Bukhari)

Adapun toleransi dengan nanmuslim ada batasnya, yaitu selama mereka juga mau menghargai kita, tidak menyerang dan tidak menggusur dari kampong halaman.

Dalil Naqli sikap Tasamuh

Firman Allah:

...الله ربن وربكم لنا اعملنا ولكم اعملكم لاحجة بيننا وبينكم الله يجمع بيننا واليه المصير

Artinya: " Allahlah Tuhan kami dan Tuhan kamu, bagi kami amal-amal kami, dan bagi kamu amal-amal kamu. Tidak ada pertengkaran antara kami dan kamu . Allah mengumpulkan antara kita, dan kepada Allahlah kita kembali " (QS. Asyura: 15)

Analisis Dalil

Ayat di atas mengajarkan kepada kita bahwa dalam kehidupan di dunia ini, sikap tasamuh atau toleran terhadap sesame merupakan suatu keharusan. Sebab tanpa adanya sikap tasamuh tersebut, niscaya suatu masyarakat akan dilanda malapetaka permusuhan dan perpecahan. Karena itu, Allah SWT menghendaki hamba-Nya senantiasa bersikap tasamuh kepada siapapun, dan dari pihak dan golongan manapun, sehingga dapat menjalin pergaulan dengan rukun dan harmonis.

Hikmah Sikap Tasamuh

1. Dapat menjaga kerukunan dan keharmonisan dalam pergaulan.

2. Dapat memperluas pergaulan.

3. Dapat menunjukkan sikap jiwa besar.

4. Dapat menghilangkan kesulitan diri sendiri maupun orang lain.

Tidak ada komentar: