Rabu, 16 April 2008

Saling Menghargai

Pengetian Sikap Saling Menghargari

Sikap saling menghargai merupakan sikap terpuji yang harur dimiliki oleh setiap muslim, sehingga dapat menjalin hubungan dengan harmonis. Sebab orang yang dapat menghargai orang lain akan menjaga lisan, sikap dan perbuatan agar tidak menyinggung dan menyakiti oarang lain.

Dalil Naqli Sikap Saling Menghargai

Firman Allah SWT dalam Alquran surat Al Hujurat ayat 11

ﻴﺄيهاالذىن ء امنوا لايسخرقوم من قوم عسىان يكونوا خيرا منهم ولانساء من نساء عسى ان يكن خيرا منهن ولا تلمزوا انفسكم ولا تنابزوا بالالقاب بئس الاسم الفسوق بعد الايمان ومن لم يتب فاولئك هم اظالمون

Artinya : ”Hai orang-orang yang beriman, janganlah suatu kaum mengolok-olok kaum yang lain (karena) boleh jadi mereka (yang diolok-olokkan) lebih baik dari mereka (yang mengolok-olok), dan jangan pula wanita-wanita (mengolok-olokan) wanita-wanita lain (karena) boleh jadi wanita-wanita (yang diperolok-olokkan ) lebih baik dari wanita (yang mengolok-olokkan), dan janganlah kamu panggil-memanggil dengan gelar-gelar yang buruk. Seburuk-buruk panggilan ialah (panggilan) yang buruk sesudah iamn dan barang siapa yang tidak bertobat, maka mereka itulah orang-orang yang zalim.” (QS. Al Hujurat: 11)

Sabda Rasulullah yang artinya, ”Tidak termasuk golonganku orang yang tidak menyayangi orang yang lebih muda, dan tidak mengerti hak-hak orang yang lebih tua. Bukanlah termasuk golonganku orang yang menipu kami.Seorang mukmin tidak dikatakan beriman sehingga ia mencintai orang mukmin lain, seperti mencintai diri sendiri.” (HR.Thabrani)

Analisis Dalil

Ayat dan hadis di atas mengisyaratkan kepada kita bahwa:

Sesama manusia, ataupun sesama wanita tidak boleh saling menjelekkan

Menjelek-jelekkan orang lain bisa jadi menjelekkan dirinya sendiri.

Tidak boleh memanggil dengan panggilan atau gelar yang tidak baik .

Seorang mukmin dengan mukmin yang lainnya harus saling menyayangi, seperti menyayangi dirinya sendiri.

Hikmah Sikap Saling Menghargai

Terhindar dari kebencian dan permusuhan.

Dapat mempererat hubunga dalam pergaulan.

Mampu mengendalikan diri.

Tidak ada komentar: